Grand Ussu, Penginapan yang Ramah Keluarga

Yang namanya jalan-jalan, selain solo travel, tentunya kita juga sering melakoni family travel a.k.a jalan-jalan bareng keluarga bukan? Kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita menginap bersama keluarga di  daerah Cisarua, Bogor. Dari sini kita bisa menikmati indahnya gunung Gede Pangrango yang menjulang tinggi dan juga gunung Salak yang tampak dari kejauhan. Hm…Di mana ya? Yuk lanjut baca.

Penginapan yang akan saya ulas kali ini yaitu Hotel Grand Ussu. Penginapan ini terletak di Jalan Raya Puncak tepatnya di daerah Kopo, Cisarua. Dari luar, penginapan ini terlihat biasa saja, eh tapi ketika sudah masuk ke dalam, pemandangannya kece banget.

Front Office yang Kece
Biasanya kalo masuk hotel itu yang pertama didatengi pastinya bagian front office dong. Pada kebanyakan hotel, front office terletak di lobby yang biasanya di bagian depan gedung hotel. Tapi tidak begitu dengan Grand Ussu.                Lobby utama dan front office terletak di bagian belakang hotel. Dimana ya? Hmm…

Setelah melewati gerbang masuk, ikuti jalann lurus hingga menemukan bunderan dengan lambang hotel Grand Ussu di tengah dan tulisan hotel Grand Ussu di pager pembatas. Oh ya, di bunderan ini pemandangannya kece lho. Mata akan dimanjakan dengan hijaunya Gunung Gede Pangrango. Ketika saya datang cuaca sedikit berawan, puncak Gede Pangrango jadi tidak terlihat. Namun di Pagi hari, ceritanya jalan pagi, saya beruntung langit sedang cerah. Menghirup udara pagi yang segar sambil menikmati puncak gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas. Love it deh. Balik lagi ke topik front office, setelah bunderan belok kanan ya. Ada petunjuk arahnya kok, jadi gak akan bingung.  kemudian lurus melewati Amarillys Restaurant dan musholla.

Gedung front office berdiri cantik di tepi jurang tidak jauh dari musholla. Pemandangannya ciamik deh. Ups ternyata di front office ini juga ada coffee lounge. Pemadangannya lagi-lagi kece. Gunung Gede Pangrango, gunung Salak dan juga kebun warga sekitar benar-benar memanjakan mata para pemburu keindahan alam.


Kamar yang Nyaman
Saya dan keluarga menginap di salah satu kamar di cluster Bougenville yang terletak tepat di depan Amaryllis Restaurant. Dari sini puncak gunung Gede Pangrango terlihat.


Luas kamar di cluster Bougenville ini cukup besar untuk ukuran kamar hotel. Tempat tidurnya berukuran king size. Seneng deh.  Interior di dalam kamarnya juga menarik. Di dalam kamar tersedia air mineral lengkap dengan set kopi, teh , gula dan teko water heater a.k.a teko pemanas air. Jadi bisa ngeteh di dalam kamar atau sambil duduk di teras atau di balkon untuk kamar di lantai dua dan lantai tiga. Ukuran kamar mandi juga luas.  Area wastafel dan closet terpisah  dengan shower mandi. Sebuah kaca putih tebal menjadi dinding pemisah.

Amarillys Restaurant, Sarapan dengan View Ciamik
Sarapan pagi bagi para tamu disediakan di Amarillys Restaurant. Menurut saya, tempat ini adalah salah satu tempat yang jadi best viewnya hotel Grand Ussu. Restaurant ini bikin betah untuk berlama-lama sarapan. Bagaimana tidak, pagi-pagi mau sarapan tidak hanya disuguhkan dengan makanan yang variasinya banyak banget, tapi juga disuguhkan dengan cantiknya pemandangan gunung Gede Pangrango yang terlihat gagah menjulang tinggi dan juga gunung Salak yang tampak malu-malu di kejauahan, plus petak-petak kebun warga di sekitar hotel. Pagi itu ketika sarapan, langit biru cerah. Saya mengunyah makanan sambil memandangi puncak gunung Gede Pangrango dan juga Gunung Salak. What a heaven in the morning.



Pilihan makanan di Amarillys Restaurant ini banyak banget lho. Bagi yang lidahnya penyuka sarapan tradisional ada bubur ayam, kolak pisang dan juga soto ayam. Bagi yang lidahnya agak bule-bule dikit ada aneka roti, cake, pancake, kentang goreng dan juga omelet. Ada juga aneka salad, dan buah potong. Enggak  ketinggalan menu prasmanan yang berisi makanan berat seperti nasi putih, nasi goreng, sayur dan lauk pauk.  Oh ya minuman juga beragam. Ada teh, kopi, susu dan juga jus.

 


Dengan menu-menu yang banyak di atas pada nanya dong bagaiman dari segi rasa? Hm…kalo saya suka dengan bubur ayam dan sotonya. Paslah di lidah saya. Kalo bocah-bocah saya beberapa kali nambah sereal pake susu. Emaknya dah pasang muka tebel aja bolak balik ambil makanan. Hehehe. Jempol deh buat kokinya hotel Grand Ussu yang enggak pelit bumbu alias makanan yang disajikan ada rasanya, enggak tawar. Hehehe.

Oh ya, pagi itu ketika sarapan, lengkap deh saya bernostalgia dengan zaman muda dulu. Ups! Ketauan tuanya deh neh. Lagu hits boyband Five, Westlife, sampai lagu ngehits yang bikin Britneys Spears jadi rising star, Baby One More Time, mengalun indah menemani para tamu menyantap sarapan pagi mereka. Termasuk saya tentunya. Sesekali jadi ikutan bersenandung.

Oh baby…baby…
How was I supposed to Know
…….
Baby hits me one more time
……
Salah satu bocah saya, Ramadhan, jadi kepo. Mimik wajahnya agak-agak gimana gitu denger emaknya bersenandung.

“Iiii Bunda nyanyi. Kok Bunda hafal lagunya?” Akhirnya gak tahan juga untuk bertanya.

Ketara banget ya emaknya udah jaraaaaang banget bersenandung. Hahaha…

Grand Ussu, Si Penginapan Ramah Keluarga
Ya, hotel Grand Ussu ini ramah untuk keluarga karena fasilitas-fasilitas yang ditawarkan benar-benar memanjakan tamu-tamu yang datang bersama keluarga. Khususnya anak-anak, mereka bakal betah deh di sini. Pastinya pada mau tahu dong alasan saya mengatakan hotel ini ramah keluarga.

  1. Ukuran kamarnya luas. Buat yang punya anak banyak dan masih kecil, seperti saya, tapi gak mau pisah kamar, cukup memesan extra bed saja. Karena ukuran kamar yang luas, jadi tempat tidur extra bed nya tidak terlalu mengganggu pergerakan selama di berada di dalam kamar. Oh ya, harga extra bed nya juga murmer menurut saya.
  2. Kamar ada connecting Door. Kamar-kamar di hotel Grand Ussu ini ada yang memiliki connecting door di dalam kamar. Jadi kalo bawa dua keluarga bisa wara wiri tanpa perlu keluar kamar. Atau mungkin pengen yang seperti rumah atau villa gitu, bisa pesen yang model cottage. Ada yang terdiri dari satu, dua dan tiga kamar. 
  3. Taman Bermain Anak. Ya, di hotel ini disediakan sebuah area play ground untuk anak-anak bermain. Ada rumah pohon, ayunan, jungkang jungkit, seluncuran dan juga mainan panjat-panjatan. Untuk yang terakhir ini saya kurang tahu apa nama pastinya. Pokoknya buat bocah manjat naik turun. Hanya saja, tetep ya anak-anak harus diperhatikan ketika bermain di sini karena ada beberapa bagian di permainan yang rusak-rusak dikit gitu. Sepertinya lebih karena faktor usia dari mainan itu sendiri yang tampaknya sudah lama.
  4. Kolam Renang dengan water boom. Yang satu ini biasanya paling disuka sama anak-anak. Kolam renang di hotel Grand Ussu ini dilengkapi dengan water boom. Ada juga ember air tumpah dan beberapa jenis permainan dalam air lainnya. Kedalaman kolam bervariasi. Untuk kolam anak-anak paling dalam 60 cm. Ada juga yang 30 cm. Sedangkan untuk kolam dengan kedalaman satu meter ada pemisah dinding batu walau masih dalam areal yang sama. Tetep ya anak-anak harus diperhatikan ketika berenang. Apalagi bagi yang punya anak balita.
  5. Sarapan Pagi Ramah Anak. Yang satu ini juga penting banget neh. Variasi menu breakfast yang banyak banget setidaknya bisa bikin para mamak sedikit bernafas lega. Apalagi yang punya anak picky eater. Bagi yang bawa bayi di bawah satu tahun, bubur ayam dan potongan buah bisa jadi pilihan. Bagi yang punya balita biasannya demen sama yang namanya sereal pake susu, atau juga aneka roti-roti mungil yang berisikan coklat, keju dan isian lainnya. Tidak ketinggalan pancake dengan olesan selai strawberry dan juga madu. Atau kalau seneng yang berkuah ada soto ayam. Puas banget deh pokoknya.

So, bagi temen-temen yang hendak berlibur ke kawasan Puncak Bogor, hotel Grand Ussu ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk menginap lho. Selamat berlibur.

Bogor, 7 April 2018

Salam

Vidy

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

14 thoughts on “Grand Ussu, Penginapan yang Ramah Keluarga

  1. Luar dalam mantap ya penginapannya ya mbak. Di luarnya sepertinya masih banyak pohon-pohon kayu ya mbak, sedangkan di dalamnya mewah dan elegant banget. Semoga aku suatu saat bisa kemari nantinya.

    1. Di bagian depan yang banyak batang pohong tinggi-tingginya mbak. Di bagian belakang enggak. Tapi bagian belakang ini yg jadi best view nya. Gunung Gede Pangrango serasa sepelemparan batu ajah hehehe
      Makasih ya udah mampir

    1. Whuaaaa salfok neeeh…fokus ke gunung yg keceh aja ya…cakepkan..cakepkan gunungnya…
      #walaupun dah lama tuh lagu, teteplah enak didenger..long lasting boooo hahaha

  2. aduduh…. artikel seperti inilah yang membuat ane gagal diet hehehe…
    hehehe… sory bun, soalnya gimanapun bagusnya keindahan pemandangan yang diceritain selalu kalah sama objek yang bernama “makanan” hehehe… asli ane nulis artikel sambil ngiler ini ^_^
    mantep dah tempatnya, everything is ijo 😀

    salam blogger dan salam HOKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *