Perkedel Jagung with a lot of Love

Perkedel Jagung with a lot of Love

Jagung, bahan makanan pokok yang bisa dijadikan pengganti nasi ini termasuk salah satu yang biasa saya olah di rumah. Biasanya sih gak jauh-jauh dari perkedel jagung, cream soup jagung atau jagung susu keju (jasuke). Harap maklum saya bukan emak yang senang berlama-lama di dapur.

Akhir-akhir ini entah kenapa gadis kecil saya, Nadya, lagi seneng banget sama perkedel jagung. Dalam minggu ini sudah tiga kali ia minta dibuatkan perkedel jagung. Dua kali terakhir Nadya paling banyak melahap si perkedel ini.

Begitu pun pagi ini. Lihat jagung di keranjang sayur pak Mail, Mamang sayur langganan saya yang tiap pagi masuk komplek, Nadya lagi-lagi minta perkedel jagung. Baiklah, beli satu plastik yang berisi dua jagung saja seperti kemarin. Si jagung habis hanya untuk gadis kecil ini.

Seperti sudah saya sebutkan di atas, saya bukanlah emak yang demen ngubek-ngubek dapur, jadi urusan memasak ini terkadang saya serahkan kepada bik Sahni, ART di rumah saya. Kecuali untuk resep-resep baru hasil berselencar di dunia maya, biasanya saya akan langsung turun ke dapur.

Perkedel jagung adalah salah satu menu yang biasa saya masak di rumah. Bik Sahni sudah sangat mengerti komposisi bahan untuk membuat perkedel jagung. Eh tapi pagi ini Nadya ngamuk enggak mau bik Sahni yang membuatkan adonan perkedel jagung. Nadya merengek harus saya yang membuat. Ya..ya..ya..rengekan baru berhenti ketika tangan saya ini mulai memipil jagung. Hm…

Baiklah pagi ini terjun ke dapur untuk membuat perkedel jagung with a lot of love from Bunda for Nadya, gadis kecil saya yang semakin hari makin ceriwis request ini itu. Ini dia resep ala #BundaNad untuk perkedel jagung.

PERKEDEL JAGUNG

By: BundaNad

Bahan:
2 buah jagung manis
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 sdm tepung terigu
1 tangkai daun bawang
2 tangkai kecil seledri (bisa skip)
1 telur
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT:
Pipil jagung, kemudian sisihkan di dalam panci kecil atau mangkok besar. Iris bawang putih dan bawang merah. Campur jagung dengan bawang yang sudah diiris, kemudian ulek kasar. Setelah itu iris daun bawang dan seledri. Masukan ke dalam jagung yang sudah diulek kasar. Tambahkan tepung terigu, lada bubuk, garam, telur. Aduk rata. Tes rasa.

Jika dirasa sudah oke, maka adonan perkedel jagung siap digoreng. Panaskan minyak dengan api sedang. Setelah panasnya dirasa cukup, masukkan satu sendok makan adonan perkedel ke dalam wajan. Ulangi hingga adonan habis.

Nad Siap menyantap perkedel jagung

Kalau enggak mau langsung digoreng, adonan bisa dimasukkan dulu di dalam lemari es ya.

Yuk mari menyantap perkedel jagung. Selamat mencoba.

Salam

Mataram, 17 Januari 2018

#H+1latepost

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *