Rekomendasi Perlengkapan Makan Bayi Untuk Anak Usia 6 Bulan

Rekomendasi Perlengkapan Makan Bayi Untuk  Anak  Usia  6 Bulan

Sangat lucu sekali kalau kita lihat anak-anak kecil  yang  sedang bermain.  Memang wajah lucu mereka sering membuat kita gemas,  apalagi anak kecil itu masih di bawah satu tahun,  berbagai ekspresi lucunya bias membuat kita tertawa terpingkal-pingkal.  Di  usia  6  tahun  balita  Anda  sudah mulai bias merasakan berbagai jenis makanan lembut.  Di  umur itu  pula  balita  Anda  sudah mulai ingin makan secara mandiri,  ingin meraih banyak makanan dengan tangannya sendiri.  Di saat itulah  Anda  sepertinya harus segera memiliki  set  perlengkapan makan bayi  yang  oke  punya.  Berikut adalah  tips  yang  sangat  pas  untuk  Anda  ikuti sehingga pemilihan perlengkapan makan bayi  Anda  sesuai dengan kebutuhan  dan  juga  selera bayi.

  • Pastikan Food Grade

Saat memilih perlengkapan makan bayi,  keamanan adalah pilihan nomor satu  yang  harus dipenuhi,  dengan memastikan perlengkapan makan sudah  safety,  selanjutnya  Anda  hanya tinggal mengontrol bagian lainnya saja  yang  minor-minor.  Bila kita membeli peralatan makan  yang  berbahan plastik,  banyak sekali  grade  yang  bias kita temui,  yang  paling  menjadi perhatian adalah jangan gunakan bahan plastic selain daripada  yang  memiliki  logo  atau keterangan  food grade.  Food grade  ini adalah hal  yang  wajib ada  pada  perlengkapan makan anak. Dengan adanya  label  food grade  maka dapat dipastikan peralatan makan itu tidak menimbulkan efek buruk jangka panjang. Bila peralatan tidak ada  label  food  grade  bias jadi peralatan makan tersebut terkikis bagian plastiknya  dan  menimbulkan zat  lain  yang  berbahaya bagi si kecil.  Contohnya adalah kemungkinan adanya penyakit kanker karena menggunakan perlengkapan  yang  harusnya hanya digunakan untuk sekali pakai atau non food grade.

  • Tidak Ada Sisi Tajam

Balita Anda tidak selalu hanya suka  pada  makanannya saja,  dia  juga  sangat suka memainkan peralatan makannya.  Tidak jarang kita lihat balita kita memakan peralatan makan bukan,  misalnya sendok,  garpu makan,  atau bahkan piring itu sendiri.  Dengan memilih peralatan makan  yang  curve  dapat meminimalkan bahaya balita kita tergores  dan  tertusuk.  Banyak  sekali kejadian balita  yang  masih mungil ini harus terluka gara-gara diberi peralatan makan  yang  tajam  dan  kurang pengawasan dari orang tua saat memulai menggunakan peralatan tersebut. 

  • Motif Menarik Anak

Sebenarnya suka atau tidaknya anak  pada  makanannya adalah hal kedua setelah  cover  dari makanan itu sendiri. Anak  pertama  kali  akan tergoda  oleh  bentuk atau  motif  yang  menarik dari apa yang  dia makan.  Dia akan mulai penasaran dengan adanya  motif atau bentuk yang menurutnya  aneh.   Nah   di situlah peran orang tua untuk mencarikan peralatan makan anak  yang menarik. Anak akan suka berlama-lama memandangi peralatan makan  yang  bermotif bagus  dan  menarik,  sehingga  tanpa  disadari  juga  semakin semangat untuk makan menggunakan peralatan tersebut.

Dengan perlengkapan yang sesuai dan aman, maka orang tua tidak perlu khawatir lagi terhadap perilaku balita kita terhadap apa  yang  dia lakukan  terhadap       perlengkapan  makan  tersebut.  Orang tua tinggal melakukan  kontrol  saat balita kita makan  dan  memainkan peralatan makannya.  Tahukah Anda bahwa memainkan peralatan makan  juga  bias untuk meningkatkan koordinasi alat gerak  pada  balita  Anda.  Saraf  motoriknya akan terlatih dengan sendirinya dengan hanya berbekal aktivitas harian  yang  dia lakukan.

Itulah poin rekomendasi yang sangat baik untuk diikuti terkait dengan pemilihan alat makan anak.  Tentunya masih banyak lagi  tips-tips  yang  bias  di-share, jangan lupa ikuti artikel lainnya ya.

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *