Apa Itu SEO On Page Dan SEO Off Page, Yuk Kenalan Lebih Dekat!

Apa Itu SEO On Page Dan SEO Off Page, Yuk Kenalan Lebih Dekat!

Istilah SEO harusnya tidak asing lagi saat ini, salah satu kegiatan optimasi yang banyak dilakukan para praktisi blogging. Seiring dengan kegiatan pemasaran yang menempuh jalur teknologi, saat ini banyak perusahaan membutuhkan ahli SEO untuk melakukan kegiatan tersebut. Bagi yang ingin mendapatkan prospek kerja SEO, mengetahui berbagai jenis optimasi SEO tentu sangatlah penting. Meski dikategorikan sebagai materi yang cukup berat, namun pengetahuan ini menjadi kunci utama dalam kegiatan optimasi.

Secara umum, ada 4 jenis SEO diantaranya Page SEO, Title SEO, Url SEO, dan Content SEO. Sedangkan untuk kegiatan jenis optimasi sendiri, secara umum ada 2 jenis optimasi yang dilakukan diantaranya:

SEO On Page

SEO jenis ini merupakan kegiatan optimasi yang dilakukan pada situs pribadi, tujuannya agar halaman yang ada memenuhi kriteria SEO dengan baik. Optimus yang satu ini masuk kategori optimasi yang paling mudah dilakukan, bahkan para blogger sudah menjadikannya sebagai ritual rutin. Cara atau teknik melakukan optimasi ini cukup mudah, dengan cara melakukan penyisipan kata kunci yang relevan ke beberapa bagian situs.

Beberapa bagian situs yang dimaksud bisa berupa judul situs atau judul artikel, deskripsi atau meta deskripsi pada halaman utama serta artikel, image dan image ALT, permalink atau URL, isi situs atau artikel, kategori, dan heading. Bagi yang mengikuti kursus SEO online tentu sudah tidak asing dengan teknik yang satu ini, kegiatan pelaksanaannya cukup mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.

SEO Off Page

Hampir sama dengan SEO on page, SEO off page juga merupakan rangkaian proses optimasi. Bedanya SEO Off Page melakukan kegiatan optimasi dari luar situs pribadi, meski begitu menjadi faktor yang dapat mempengaruhi rangking situs tersebut. Berbicara tentang SEO off page lebih pada pembahasan masalah backlink (tautan balik). Bagaimana cara melakukan teknik ini? Caranya dengan membangun backlink dari situs tertentu menuju situs pribadi. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan popularitas situs, selain itu juga menjadi salah satu indikator penentu posisi pada mesin pencari (search engine).

Kegiatan pengoptimalan bisa menjadi salah satu  prospek kerja SEO yang menguntungkan, Seiring dengan perkembangan zaman, metode optimasi satu ini juga mengalami perkembangan dan perubahan setiap waktu. Bahkan beberapa praktisi sudah menganggap backlink tidak penting lagi, meski begitu beberapa lainnya tetap menganggap backlink menjadi hal yang penting. Ada beberapa jenis backli yang direkomendasikan, diantaranya:

  • Social Bookmark
  • Guest Post
  • Forum Signature, seperti kaskus, forum detik, forum kompas, dll
  • Jejaring sosial, seperti Twitter, Google, YouTube, Facebook, Instagram, dan lainnya lagi.
  • Web 2.0 properties, seperti WordPress, blogspot, Weebly, Tumblr, dan lainnya.
  • Berbagai komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis kemudian meninggalkan komentar beserta tautan.

Pencarian backlink untuk kegiatan pengoptimasian tentu tidak bisa sembarangan, ada beberapa kriteria backlink yang dibenci oleh Google seperti tukar link, advertorial, backlink yang berasal dari web dan artikel direktori, keragaman backlink yang rendah, backlink yang berasal dari web bahasa asing, backlink dari aplikasi otomatis, guest post berkualitas rendah, backlink web rilis pers dengan kata kunci, backlink dari signature forum dengan penggunaan kata kunci, dan menyembunyikan backlink di CSS atau JavaScript dengan peretasan.

Untuk lebih memahami jenis optimasi SEO dengan baik, bisa mengikuti kursus SEO online yang banyak tersedia di situs website.

Kegiatan SEO ini tentu memiliki banyak manfaat ketika diterapkan pada sebuah website, seperti:

  • Memperoleh posisi yang optimal pada search engine.
  • Mendapatkan traffic, maksudnya traffic pengunjung terhadap situs semakin meningkat .
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas.
  • Sebagai peningkat durasi kunjungan.
  • Peningkat konservasi – hal ini berlaku untuk situs penjualan, semakin banyak pengunjung maka perusahaan bisa mendapatkan konversi yang lebih baik.
  • Sebagai peningkat popularitas, otoritas, serta brand wearness – kegiatan SEO akan lebih memudahkan orang mengingat situs tersebut.

Melakukan kegiatan optimasi memang bukan perkara mudah, pemahaman dasar mengenai komputer wajib dimiliki jika menginginkan prospek kerja SEO satu ini. Meski berhubungan dengan komputer dan teknologi, namun kegiatan yang satu ini bisa dipelajari secara mandiri. Bagi yang ingin belajar secara intensif, banyak juga tempat kursus yang menawarkan jenis kursus ini. Setelah memiliki keahlian bidang SEO, tentunya Anda bisa melamar pekerjaan ahli SEO sebuah perusahaan.

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *