Liburan ke Yogya mampir ke Sleman, Ada Apa Aja di Sana???

Liburan ke Yogya mampir ke Sleman, Ada Apa Aja di Sana???

Bismillah.

Assalamualaikum.

Hai! Apa kabar semua? Long time no see. I’m back dengan tulisan tentang Yogya, daerah di mana kini saya tinggal.

Kali ini saya ingin mengajak Teman-teman sekalian untuk menjelajah tempat menarik jika membawa anak di kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta. Ada tiga tempat yang akan saya rekomendasikan. Apa saja tuh? Yuk baca terus tulisan ini.

1.      Ledok Sambi Ecoplayground

Ledok Sambi, begitu nama tempat ini dikenal. Terletak di dasar jurang yang menganga lebar di dusun Sambi, Eh jangan bergidik dulu ya membaca kata jurang. Ini tidaklah menyeramkan. Malahan sangat menyenangkan. Hehe. Yuk lanjut.

Ledok Sambi yang mengedepankan motto Alami Desa Asli Jogja ini menawarkan tiga hal menarik. Ada outbond,  warung makan dan juga camping ground. Saya akan skip membahas outbond dan juga camping ground karena belum ngerasain. Maybe next time. Hehe.

Sebelum membahas tentang warung makan di Ledok Sambi, saya ceritakan dulu apa yang membuat Ledok Sambi itu sangat menarik. Alami. Satu kata ini sangat cocok untuk menggambarkan suasana di Ledok Sambi. Tidak terlalu banyak campur tangan manusia di sana. So natural. Pas banget memang dengan motto-nya.

Dari area parkir, setelah melewati protokol kesehatan, kita harus menuruni anak tangga. Sedikit curam. Jadi harus berhati-hati ya. Belum tiba di bawah saja, masih di tengah-tengah tangga nih, mata akan dimanjakan dengan beningnya air, hijaunya rerumputan dan juga pepohonan. Okeeeeh….lanjut.

Menapaki anak tangga paling bawah, sungai mengalir di tengah rumput hijau. Airnya bening. Arusnya tidak deras dan yang pasti dangkal. Batu dengan berbagai macam ukuran menyebar di sekitar sungai, baik di dalam maupun di pinggir kiri kanan sungai. Duduk di atas batu dengan kaki menjuntai ke sungai, whuaaa sungguh sesuatu yang langka. Airnya jangan ditanya. Nyeees nempel di kulit.

Tidak hanya sampai di situ. Mari tolehkan sejenak wajah ini ke arah hulu sungai. Jika cuaca cerah, maka kamu akan melihat cantiknya gunung Merapi menjulang tinggi.

Selain itu, di Ledok Sambi ini juga terdapat beberapa kolam ikan.  Ikannya bermacam-macam. Ada juga kolam untuk terapi ikan lho. Ada juga river tubing bagi yang ingin menyusuri sungai dengan ban.  Dan wahana terbaru adalah naik perahu.

Okeh, sekarang kita lanjut dengan warung makan di Ledok Sambi.

Warung makan Ledok Sambi berkonsep semi outdoor. Ada beberapa tempat duduk dengan atap permanen, namun tanpa dinding. Jadi pandangan mata kita bebas menikmati keindahan di Ledok Sambi ini.

Yang menarik dari Ledok Sambi ini adalah kita bisa duduk dan makan santai di tepi sungai. Silahkan pilih hendak duduk  beralaskan tikar di atas rumput hijau atau duduk di atas kursi lengkap dengan meja tentunya. Selain itu, ada juga pilihan lainnya, yaitu duduk di dalam tenda yang menghadap ke sungai. Kuy, kamu pilih duduk di mana?

Untuk urusan makan, warung Ledok Sambi ini menawarkan makanan dan minuman. Untuk minuman ada yang instan, ada juga yang tidak.

Sedangkan untuk makanan beratnya, pilihan kamu ada dua, yaitu nasi sayur (bisa minta tambah tempe dan tahu) atau nasi ayam goreng laos. Saya sudah coba nasi ayam goreng laos ini. Ueeenaaak. Ayamnya empuk, dan bumbunya berasa.

Selain dua menu berat di atas, warung Ledok Sambi ini juga menawarakan makanan ringan kentang goreng, mendoan, singkong goreng dan lain-lain.

Oh ya tidak ketinggalan mi rebus atau goreng dan juga bakso. Coba bayangkan, setelah basah kuyup main air kamu menyantap semangkok bakso atau mi rebus. Pastinya nikmat sekali, bukan? Hahaha.

Satu yang harus diperhatikan ketika memesan makanan di warung makan Ledok Sambi, yaitu batas akhir memesan adalah pukul 4 sore, karena pukul 5 warung sudah tutup dan setelah itu area Ledok Sambi ini harus dikosongkan. Well, saya pernah menjadi tamu terakhir yang menapaki tangga kembali ke parkiran mobil di atas. Hehehe. Mbak Mas di Ledok Sambi tertib aturan yes. Hehe

Ledok Sambi Ecoplayground

Ds. Sambi, jalan Kaliurang KM 19,2, Pakem, Pakembinangun, Sleman, D.I. Yogyakarta.

WA1: +62 819-0426-2581

WA2: +62 813-9232-2529

Buka: 09:00 – 17:00 WIB

IG: @ledoksambi

2. Rajaklana Resto

Rajaklana Resto merupakan sebuah restoran yang menawarkan paket lengkap bagi pengunjungnya. Tidak hanya pengunjung dewasa, tetapi juga anak-anak. Hm…ada apa aja ya di sini?

Kita mulai dari makanan ya. Rajaklana Resto sangat memanjakan lidah para pecinta kuliner karena disini kamu bisa memesan aneka hidangan ayam, daging, seafood dan juga ikan. Di olah ala tradisional atau ala ala barat gitu. Sebutlah iga gongso rajaklana, gurame bakar madu, ayam bakar rempah-rempah Rajaklana, cakalang bakar bambu, kerang dara asam manis. Ini hanya beberapa menu aja yang saya sebutkan. Masih banyak lagi pilihan menu makanan berat lainnya.

Untuk makanan yang berbau mi atau pasta gitu, kamu bisa memesan bakmi jawa dan spaghetti bolognese.

Lanjut ke minuman. Rajaklana menyediakan aneka minuman hangat dan juga dingin. Tersedia juga aneka jus dan tidak ketinggalan kopi.

Okeh, puas bangetkan dengan pilihan menu di sini.

Lalu bagaimana dengan fasilitas di Rajaklana Resto ini?

Hm..jangan khawatir, untuk urusan duduk saja kamu memiliki banyak pilihan banget loh. Ada tempat duduk di tengah-tengah taman yang ditata apik dan rindang, ada juga tempat duduk di gazebo, lalu yang sedikit berbeda dari resto pada umumnya adalah tempat duduk yang disusun cantik di tepi kolam renang. Yes, Rajaklana menyediakan kolam renang for free guys

Masih urusan tempat duduk nih. Ada lagi tempat pilihan makan yang nge-hits di Rajaklana Resto dan sering sekali dibagikan para pengunjung di media sosial mereka, termasuk saya. Hahaha. Apakah itu?  

Deck. Ya bangunan ini seperti deck. Dimana ada tiga tingkat, upper, mezzanine dan yang paling hits tentu saja rooftop. Di deck ini mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kabupaten Sleman dan kota Yogya dari atas, perbukitan hijau, pepohonan dan jika cuaca cerah maka Merapi Merbabu akan melengkapi indahnya pemandangan dari deck Rajaklana Resto.

Eits, saya belum selesai dengan keunikan lainnya dari Rajaklana Resto. Kamu tahu? Di sini, kamu tidak hanya bisa makan, duduk nongkrong menikmati pemandangan. Akan tetapi juga bisa merilekskan badan yang pegal dengan spa. Bisa body spa dan juga pijat kaki saja

Selain Spa, di Rajaklana juga tersedia playground yang pastinya bikin anak-anak betah berlama-lama di sini. Bersebelahan dengan playground, ada mini zoo. Anak-anak akan semakin senang melihat monyet, burung, hamster, kelinci dan lain-lain.

Rajaklana Resto

Jalan  Lembah Wisata, Sembung, Balecatur, kecamatan Gamping, kabupaten Sleman, DIY. 55295

WA 1: 0818 0586 6045

Telp:  081224161110

Buka: 07:00 – 23:00 WIB

IG: @rajaklanaresto

3. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bhumi Merapi merupakan suatu kawasan wisata yang memadukan konsep wisata edukasi, outbound dan fieldtrip, camping ground dan wisata foto selfie.

Dan untuk saat ini saya hanya akan membahas wisata edukasi dan juga wisata foto selfie.

Wisata edukasi yang ditawarkan oleh Bhumi merapi ini berupa fun farming dimana terdapat berbagai macam hewan ternak, sebutlah kelinci, kambing, domba. Ada juga rusa. Daaaan yang paling menariknya tentu saja anak-anak bisa membeli pakan dan memberi hewan-hewan tersebut makan.

Selain hewan ternak, ada juga kawasan untuk berkuda, taman reptil, taman burung dan juga mamalia.

Dan bagi pencinta tanaman, di Bhumi Merapi juga ada spot yang berisikan bibit-bibit tanaman.

Yang sangat menarik dan tidak akan didapati di tempat lain yaitu di Bhumi Merapi ini terdapat sebuah situs bersejarah berupa goa yang dikenal dengan goa Ponggolo. Goa ini dibuat ketika zaman perang Diponegoro sekitar tahun 18251830. Dibuat oleh dua orang, yaitu Kyai Ponggolo dan Nyai Ponggolo dengan panjang sekitar 350 meter.

Ciri khas goa yang memiliki diameter satu hingga 1,5 meter ini adalah air yang mengalir di sepanjang goa untuk keperluan irigasi. Pintu masuk goa yang terletak di ketinggian kurang lebih 25 meter dari dasar tebing tidak membuat orang yang bersembunyi di goa ini akan kekurangan oksigen karena terdapat tiga pintu udara.

Hal terakhir yang akan saya bahas dari Bhumi Merapi ini adalah adanya satu spot yang disebut Langlang Buana. Di sini dibuat  keunikan negara-negara lain semirip mungkin seperti rumah-rumah di Santorini, pegunungan Alpen dan juga arab. Selain itu ada juga miniatur kastil gitu. Pecinta foto pasti senang sekali berlama-lama di spot ini.

Agrowisata Bhumi Merapi

Jalan Kaliurang KM 20, Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, 55582

WA: 0816680515

Buka: 08:30 – 17:00 WIB

IG: @agrowisatabhumimerapi

So guys, tempat mana yang pernah kamu sambangi?

Yang belum pernah ke sini, yuk meluncur. Mengingat kita masih di masa pandemi, jadi tetap patuhi protokol kesehatan selama berpergian ya!

Bantul, 27 Juni 2021

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *