Yuk Healing Tipis ke Ledok Sambi Ecopark

Yuk Healing Tipis ke Ledok Sambi Ecopark

Bismillah

Viedyana.com, Bantul: Yuk Healing Tipis ke Ledok Sambi Ecopark – Setelah masa pandemi covid -19 mereda, hidup berdampingan dengan alam begitu dirindukan. Bermain di luar rumah menghirup udara segar dengan beratapkan langit biru di antara hijaunya pepohonan dan, gemericik air terasa begitu berharga dan menjadi momen yang begitu di nanti kan.

Istilah ecopark pun muncul dan menjadi familiar terdengar di telinga kita. Ecopark sendiri bisa diartikan sebagai sebuah lahan luas yang di desain menjadi taman yang tidak hanya ramah untuk manusia, tetapi juga dirancang tetap ramah dengan lingkungan sekitarnya. Saling menjaga dan saling mendukung sangat erat terikat dengan sebuah ecopark.

Sudah pernah bermain di ecopark mana saja?

The Ecopark

Yuk ikut bermain ke salah satu ecopark yang terletak di jalan Kaliurang, Yogya. Ecopark kece yang jika cuaca sedang cerah kamu bisa memandangi cantiknya gunung Merapi dari salah satu bagian areal parkir mobilnya. Ecopark ini juga sangat ramah anak lho. Jadi gak usah ragu untuk family time di sini. Namanya Ledok Sambi Ecopark.  

Cantiknya gunung Merapi dari areal parkir Ledok Sambi

Ledok Sambi ini menjadi salah satu spot favorit anak-anak saya untuk bermain air di tengah alam terbuka. Berkali-kali datang ke sini, mereka gak pernah bosan. Yang ada nagih-nagih terus kapan main ke sini lagi. Ledok Sambi buka setiap hari dan gak ada tuh yang namanya tiket masuk. Free entry ya mulai dari pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Ini jadwal khusus bagi pengunjung yang ingin bermain saja, tidak menginap.

Yang lebih epic-nya lagi, anak-anak saya tuh seneng banget bercerita senangnya bermain di Ledok Sambi ke sepupu-sepupu mereka. Alhasil, ketika sepupu-sepupu ini datang berkunjung ke Yogya, jadilah diajak main ke Ledok Sambi. Mereka quality time dengan menyusuri sungai sambil mencari ikan-ikan kecil di sela-sela batu kali.

Dan yang tidak ketinggalan adalah turun ke bawah dengan flying fox.

Seru banget kan quality time persepupuan ini.

Kalau saya ngapain?

Hm…. biasanya sih hanya makan dan lihatin anak-anak main di sungai. Terkadang ikut cemplungin kaki sebentar ke sungai. Tapi sebenarnya, bukan hanya itu saja yang bisa dilakukan di Ledok Sambi.

Jadi ada apa saja sih di sini?

Yuk baca terus tulisan ini hinga tuntas supaya kamu tahu apa saja yang bisa dilakukan di Ledok Sambi Ecopark.

Menurut saya Ledok Sambi ini sebuah paket lengkap untuk merasakan betapa nyamannya “pulang” ke desa. Melihat hamparan hijau dengan gemericik air sungai nan jernih. Menenangkan jiwa dan raga yang lelah beraktivitas seharian.

Banyak banget yang bisa dilakukan di sini karena areal untuk “bermainnya” luas.  Tapi, kontur tanahnya tidak datar.  Jadi pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit ya untuk naik turun. Salah satunya yaitu ketika hendak turun ke ecopark dari area parkir kendaraan. Jalan turun kecil menuju jurang akan menyambut kamu. Tapi tenang, sudah ada tangga-nya kok. Hanya harus berhati-hati saja. Eh tapi pemandangan dari anak tangga ini kece badai euy. Apalagi ketika cuaca cerah tidak berawan, puncak gunung Merapi menjulang tinggi. Cantik sekali. Beneran deh.

Makan

Urusan makan di tempat wisata itu penting banget ya gaes. Kan gak lucu kalau kelaparan. Di Ledok Sambi Eco Park ini kamu bisa pesan makanan di Warung Kopi Ledok. Di sini ada minuman, makanan berat, dan tentunya juga ada makanan ringan juga.

Minuman di Warung Kopi Ledok cukup  beragam. Mulai dari es teh, milkshake, kopi-kopian hingga wedang-wedangan.

Untuk makanan berat ada nasi spesial ledok yang berisikan nasi, ayam suwir, sayur plecing, dan kerupuk. Ada lagi nasi dan ikan. Kamu bisa pilih mau ikan nila atau ikan lele. Sedangkan bagi yang lebih suka ayam potongan, ada juga kok nasi ayam goreng laos. Dan kalau cuma mau nasi sayur juga ada. Hehe.

Selain makanan berat, juga ada dong yang namanya camilan. Ada kentang goreng, pisang goreng, tempe goreng, singkong goreng hingga platter yang isinya kentang sama nugget aja. Kalau mau bakso juga ada.

Dan the best part dari semua menu-menu di atas adalah Warung Kopi Ledok juga menyediakan mi. Baik mi rebus atau pun mi goreng. Hingga pop mi juga ada. Menu ini paling favoritnya anak-anak saya nih setelah capek bermain air.

Bagi penikmat kopi gak usah khawatir karena di Ledok Sambi kini juga sudah hadir warung spesialis kopi yang diberi nama Kopi Omah Ndelik yang berada di sisi selatan Ledok Sambi. Lebih tepatnya di area camping dan games.

Bermain

Terletak di kaki gunung Merapi, bentang alam Ledok Sambi Ecopark di dominasi yang hijau-hijau. Tidak ketinggalan, yang ikonik menurut saya, adalah sungai yang mengalir di Ledok Sambi. Tenaaaang sungai ini tidak dalam kok. Ada yang semata kaki orang dewasa. Paling dalam tidak sampai betis orang dewasa. Tetapi walau tidak dalam, anak-anak tetap harus diperhatikan ketika bermain di air karena alam bisa berubah kapan saja.

Jadi, ada fasilitas bermain apa saja di ecopark ini?

Banyak banget.

  • Bermain air di sepanjang sungai. Kamu bisa juga sewa ban supaya main air di sungainya lebih seru.
  • Kayaking. Kayaking ini semacam main perahu gitu.
  • Terapi ikan. Bayar 5,000, cemplungin kaki dan nikmati terapi ikan sepuasnya. Ada beberapa kolam ya.
  • Panahan
  • Paint ball dan gel gun.
  • Flying fox.
  • Scooter.
  • Dan lain-lain.

Outbond

Dengan segudang permainan seru yang tersedia di Ledok Sambi, Ledok Sambi ini  menawarkan paket outbond  bagi kamu menghabiskan waktu berkualitas bareng sama keluarga, sahabat bahkan teman kerja. 

Paket outbond yang tersedia ada tiga macam. Ada outbond seru di alam terbuka bagi dewasa, belajar bersama dengan games yang menantang bagi remaja. Dan tidak ketinggalan outbond bagi anak-anak yang didesain menyenangkan supaya anak-anak betah dan senang berkegiatan dengan suasana asli desa.

 Cukup dengan 20 orang saja, kamu udah bisa tuh memesan paket outbond ini.

Berkemah

Dengan areal yang luas untuk bermain di alam, Ledok Sambi menyisakan juga bagian lahannya bagi kamu-kamu yang suka menginap di tengah alam terbuka.  Kebayang dong asyik dan serunya camping di lahan hijau ditemani suara air mengalir dan juga kicauan burung. Ah tidak ketinggalan desauan angin.

Untuk berkemah di Ledok Sambi, kamu bisa pilih beragam paket yang sesuai dengan budget kamu. Mulai dari paket yang standar hingga yang mahal atau glamping. Semua tersedia. Cukup cek and ricek isi rekening saja. Hehe.

Bagi kamu si penggemar camping dan udah punya semua pritilan-printilan camping, boleh banget bawa peralatan dan perlengkapan sendiri. Jadi kamu cuma tinggal sewa tempat aja.

Tapi bagi yang gak punya ya gak usah khawatir karena di Ledok Sambi bisa kok sewa tempat plus perlengkapan tenda beserta isi-isinya. Mau disedian sekalian makanan dan camilannya bisa. Atau request sekalian ada kegiatan-kegiatan menantang dan seru juga oke. Pokoknya bisa  full semua deh. Tinggal bawa badan dan baju ganti aja. Hehe.

Lengkap bukan isi taman bermain yang satu ini. Tertarik juga untuk bermain di Ledok sambi Ecopark?

Cuuuus dolan Jogja.

LEDOK SAMBI ECOPARK
Alamat: Jalan Kaliurang KM 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.
WA: +62 813-2549-0185
IG: @ledoksambiecopark

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Bantul, Yogyakarta. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak viedyana1983@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *