Nyoto Pagi [at] Soto Pak Blo’on Bantul

Nyoto Pagi [at] Soto Pak Blo’on Bantul

Soto. Menu satu ini adalah salah satu favorit suami saya. Saya juga suka seh. Heee. Kalau kami sedang pulang kampung ke Yogya, ke rumah mertua saya, biasanya saya dan keluarga tidak akan melewatkan sesi sarapan pagi dengan soto, baik soto ayam kampung ataupun soto sapi. Baik yang jaraknya dekat rumah ataupun sedikit jauh. Saya melihat pedagang soto ini seperti pedagang bubur ayam di Bogor. Mereka buka lapak di mana-mana. Seperti jamur di musim hujan. Banyak banget. Tinggal pilih mau makan di warung yang mana.

Seperti pagi itu, saya dan keluarga sarapan pagi soto yang agak jauh dari rumah mertua saya. Sarapan pagi yang sedikit agak niat. Warung soto ini terletak lebih ke arah kota Bantul, sedangkan rumah mertua saya terletak di pinggiran kota Bantul, berbatasan dengan kota Yogya. Jadi tidak salah bukan jika saya katakan ini adalah salah satu sarapan pagi terniat kami.

Menurut saya nama warung soto ini sedikit agak unik, yaitu Soto Ayam Kampung Rodo Jodho Pak Blo’on. Tapi lebih dikenal dengan sebutan Soto pak Blo’on. Tempatnya sederhana saja. Namun jarang sepi pelanggan. Ketika saya dan keluarga tiba di sana sekitar pukul tujuh pagi, warung soto Pak Blo’on sudah ramai dengan pelanggan yang sedang menikmati semangkok soto.

Sama seperti soto kebanyakan di Yogya, isian soto ayam kampung di warung soto pak Blo’on ini terdiri dari suwiran ayam kampung, bihun, irisan kol dan juga tauge. Selain itu juga ditambah dengan taburan bawang goreng dan seledri ketika disajikan. Harum dan hijaunya seledri menggugah selera makan saya. Jadi semakin laper. Sebelum makan, bisa ditambahkan irisan jeruk nipis dan juga sambel. Yang terakhir ini sesuai selera. Yang suka pedas, monggo sambelnya dituang banyak-banyak. Soto ayam kampung di warung soto Pak Blo’on ini berkuah bening dengan suwiran ayam yang agak besar-besar menurut saya. Beda sedikit dari suwiran ayam yang biasa saya makan. Oh ya, walaupun berkuah bening, soto ayam di warung Pak blo’on ini gurih lho. Enak. Rasanya juara kalo menurut saya.   Semangkok soto ini sudah dicampur dengan nasi. Jika teman-teman ingin dipisah nasi dengan sotonya, jangan lupa diberitahu ketika memesan soto. Jika tidak memberitahu, maka pakemnya adalah nasi dan soto dicampur dalam satu mangkok.

Sekarang kita beralih ke minuman. Minumannya ada banyak pilihan, mulai dari teh, jeruk dan juga lain-lain. Waktu nyoto di soto Pak Blo’on, saya pesen jeruk anget. Jeruk angetnya pakai gula batu. Jadi manisnya beda dengan gula biasa. Kalo kata saya rasanya enak. Manisnya pas.

Selain soto, di warung soto Pak Blo’on ini juga ada makanan kecil seperti tempe dan tahu goreng, tempe dan tahu bacem, bakwan, nagasari, jamu kunir asem dan lain-lain.

Sekarang kita beralih ke lokasi. Tentunya pada mau tahu dong, dimana seh letak warung soto pak Blo’on ini. Warung soto Pak Blo’on terletak di jalan Gatot Subroto, Ringinharjo, kecamatan Bantul, kab Bantul, DIY. Buka setiap hari kecuali Jumat Pahing. Begitu yang tertera di kaca rombong soto Pak Blo’on.

Yuk, teman-teman yang sedang dolan Mbantul, monggo mampir di soto Pak Blo’on untuk sarapan pagi.

Mataram, 14 Oktober 2018

 

 

 

 

 

 

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

7 thoughts on “Nyoto Pagi [at] Soto Pak Blo’on Bantul

  1. Nama warung sotonya lucu, tapi rasanya maknyus ya. Duh, pas bulan Agustus kami kemarin juga ke Jogja, tapi belum tahu soto ini. mudah-mudahan next time pas ke Jogja bisa mampir nih di Soto Pak Blo’on.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *