Rasakan Mantepnya Nila Bakar Kalisari di Lesehan Kalisari

Rasakan  Mantepnya Nila Bakar Kalisari di Lesehan Kalisari

Bismillah.

Assalamualaikum.

(25/11/18) Yeaayyy siang ini off dari dunia perdapuran. Sekali-sekali bolehlah ya emak yang biasa rempong di dapur eksis di salah satu lesehan. Pilihan kali ini enggak jauh dari rumah saya. Bertiga naek motor sama pak suami dan gadis kecil saya, Nadya. Duo bujang ada kegiatan di sekolahnya. #Haha serasa pasutri dengan anak satu :-p

Makan di Mana?

Nama lesehan ini yaitu Lesehan Kalisari yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Sayang sayang, Mataram, Lombok. Letaknya tepat di jalan perlintasan menuju Rembiga, Kebon Roek dan Senggigi jika datang dari arah Sweta. Ini jalan umum yang biasanya dilewati para wisatawan yang baru mendarat di bandar udara Lombok kemudian hendak menginap di daerah Senggigi.  Dari luar lesehan ini hanya terlihat tempat parkirnya saja yang hanya cukup untuk beberapa mobil. Dua daun pintu dengan tulisan Lesehan Kalisari di bagian atas, menjadi penyambut   setiap tamu yang hendak bersantap makan di Lesehan Kalisari ini. Lesehan ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat makan sebelum menjelajah indahnya Lombok.

Begitu masuk melewati gerbang dan kemudian menapaki anak tangga turun ke dalam lesehan, sebuah pohon besar dengan kolam ikan di bawahnya sukses menyajikan suasana yang sejuk dan asri . Selain itu juga ada air terjun mini yang airnya mengalir ke kolam-kolam ikan yaang berada di atas berugak-berugak untuk makan. Air kolam kemudian mengalir ke kali yang menjadi pembatas antara lesehan dengan perumahan yang ada di belakangnya. Tidak usah khawatir air kali ini cukup bersih. Makan di lesehan ini mata akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan, warna warni bunga nan cantik dan juga suara air yang mengalir.

Selain itu, Lesehan Kalisari ini juga memfasilitasi pengunjungnya dengan musholla yang di desain dengan unik. Kayak ala-ala rumah jepang gitu. Letaknya di bawah pohon besar nan rindang. Alhamdulillah lesehan ini termasuk niat dalam menyediakan tempat untuk beribadah. Tidak ala kadarnya. Yang mau coba sholat di sini, monggo…

Makan Apa?

Lesehan Kalisari ini sama seperti lesehan-lesahan lainnya yang ada di kota Mataram, yaitu lesehan yang menawarkan khas menu lombok, seperti ayam taliwang, pelecing kangkung, sayur lebui, dan lain-lain. Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang ayam taliwang. Ya, makan siang kali ini saya memesan tempe penyet, telur dadar, pelecing kangkung , nila bakar, sambel terasi, es teler dan jus alpuket. Oh ya juga ada lalapan yang berisikan irisan timun, kol dan juga ikan teri yang digoreng garing. Cukup untuk dua porsi.

Satu porsi tempe penyet ada empat buah irisan tempe yang dipenyet dengan sambel. Sambelnya enak. Tapi menurut saya porsinya agak kurang besar bagi saya dan suami yang suka dengan tempe goreng. Salah kami juga seh pas pesen lupa nanya berapa banyak si tempe dalam satu porsi. Mau pesen lagi, males nungguinnya lagi. Harap maklum, di sini penyajian makannya agak lama. Jadi kalo udah laper banget, saya gak rekomendasikan tempat yang satu ini. Hehehe.

Telur dadar dan pelecing kangkungnya juga okeh menurut saya. Sambel tomat pelengkap pelecingnya enak.

Nila bakar yang saya pesan adalah nila bakar kalisari. Satu porsi nila bakar ini berisikan due ekor ikan nila ukuran sedang. Berhubung makan kali ini saya berdua pak suami, jadinya paslah kami berbagi seekor seorang. Hihi.  Menurut saya nila bakar kalisari ini enak. Bumbu olesannya tidak terlalu manis dan tidak terlalu  pedas walaupun banyak biji cabe terlihat memenuhi badan ikan. Merahnya bumbu ikan nila ini sungguh menggoda selera makan saya. Rasanya  pengen langsung icip-icip begitu disajikan di atas meja oleh mbak pelayan Kalisari. Bagi penyuka ikan nila, recommended-lah yang satu ini.

Walau tempe penyet, pelecing kangkung dan juga si nila bakar kalisari sudah dilengkapi dengan sambel di atasnya, namun tetep aja sambel terasi masuk dalam daftar orderan makanan saya. Sambel terasi ini adalah request pak suami saya. Seperti ada aturan tidak tertulis setiap pesen makanan, ada satu sambel terpisah di mangkok sambel yang kecil itu. Beda banget sama saya. Sambel-sambel yang sudah bertaburan di lauk pauk sayur mayur itu sudah lebih dari cukup untuk menemani suapan makan saya. Hehe.

Dan yang terakhir yang menggoda adalah si es teler. Es teler ini walau yang pesen adalah pak suami, tapi saya icip-icip terlebih dahulu. Ups! Enyaaaaak.

Nah, sekian deh ulasan saya tentang makanan yang ada di Lesehan Kalisari, Mataram, Lombok. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang browsing-browsing makanan di seputaran kota Mataram, Lombok.

#YukliburankeLombok

#Lombokaman

#Lombokbangkit

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *