Nge-churros Time

Assalamualaikum,
Sekarang kita sedang menghitung mundur hari-hari terakhir di tahun 2017. Weekend-nya tinggal satu kali aja, minggu ini. Eh tapi apa kabar weekend minggu kemaren? Kini saya mau cerita kegiatan saya di hari minggu kemaren. Walau weekend, tetep mencoba untuk produktif hehehe..Yuuuuk lanjut baca keseruan saya hari minggu di rumah. #Tetep seru walau hanya di rumah saja.

(24/12/17) Weekend. Hari ini hari minggu. Hm..sedari tadi malem, hujan yang turun di Mataram, Lombok, awet euy. Sebentar gede, sebentar kecil. Matahari enggan untuk bersinar. Hujan masih terus membasahi bumi ketika saya menuliskan cerita ini.

Weekend biasanya identik dengan family time. Yup, waktu untuk keluarga. Hari minggu ini agak-agak mati gaya mau ngapain. Mau lanjutin nulis cerita yang udah ada draftnya, eheeeem lagi mentok ide. Huft. Padahal neh ya tiga jagoan lelaki saya-pak suami, duo bujang kecil Adha dan Rama, lagi “me time” jalan bertiga. Saya berdua aja di rumah dengan gadis kecil, dedek Nad. Eh tapi gak lama kemudian saya ditinggal tidur sama dedek Nad. Makin aja deh mati gaya.

Tiba-tiba jadi keingetan Churros. Hari Sabtu kemaren Rama protes sama bapaknya.

“Bunda enggak pernah bikinin Churros lagi buat Ama, Pak”

Aduuuh, Nak, andaikan dirimu tau Bunda lagi gak demen spending time di dapur. Entahlah kenapa.

Daripada mati gaya, yuk lah kita bikin Churros aja. Euleeeeh mau sharing resep aja prolognya panjang bener yak. Wakaka. Hampura sadayana!

Resep Churros ini saya dapatkan dari temen kos waktu di Jakarta dulu, Siska. Walau terpisahkan jarak, tetep sekali-sekali kita masih suka komunikasi. Yuk mari menyimak resep Churros berikut ini.

Bahan :
250ml air,
50 gr margarin/butter (kurang lebih 6 – 7 sdm),
1 butir telur (suhu ruang)
125 gr tepung terigu 125gr (kurang lebih 20 sdm)
25 gr tepung maizena (kurang lebih 4 lebih dikit sdm)
1 sdt perisa vanilla (diskip jg gak apa-apa. Fungsi vanilla di sini supaya si churros lebih wangi)
garem sejumput (gak usah banyak-banyak ya)
2 sdm gula

Catatan: berhubung saya bukan baking lovers dan paling males yang namanya menimbang-nimbang, jadi setiap kali bikin Churros saya selalu pake patokan yang takarannya SDM alias sendok makan untuk tepung terigu, maizena dan juga margarin. Takaran dengan SDM ini saya kira-kira sendiri. So far it worked. Tapi kalo mau lebih sure monggo pake takaran yang ada gram-nya ya temans.

Mari kita mulai mengadon Churros.

Pertama-tama: siapkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan maizena dan perisa vanilla. #Maapkan lupa moto yang bagian ini.

Kedua: tuang air ke dalam panci bersama margarin, garam, dan gula pasir. Masak hingga didih. #Yang ini juga lupa moto. #Harap maklum sama emak-emak seperti saya.

Ketiga: matikan api setelah air mendidih, kemudian masukan tepung terigu yang sudah dicampur maizena. Aduk cepat, nyalakan api kecil sampai adonan tercampur rata. Dinginkan adonan.

Keempat: setelah adonan dingin masukkan telur. Aduk rata hingga kalis. # saya biasanya tambah margarin sedikit kalo enggak kalis-kalis. Hehe.

Adonan baru dimasukkan telur. Masih agak lembek
Adonan sudah kalis. Tandanya diambil sedikit dengan tangan, adonan tidak lengket

Kelima: cetak adonan dengan spuit. Berhubung saya bukan emak yang demen baking, jadi gak pernah nyetok yang namanya piping bag di rumah. Urusan nyetak adonan ini, biasanya si spuit saya olesi dulu dengan mentega, kemudian baru deh masukin si adonan ke spuit dan cetak dengan cara ditekan dengan ibu jari. Enggak usah khawatir tangan belepotan karena adonan tidak lengket di tangan.


Urusan cetak mencetak belom rampung, Dedek Nad bangun. Ah yuk mari, Dek, kita duet nyetak churros. Huehue…

Keenam: setelah adonan selesai dicetak masukkan dulu ke freezer. Setelah mengeras, goreng. Sebentar saja.

Ketujuh: hidangkan Churros diatas piring kemudian beri taburan kayu manis bubuk dan juga gula halus.

Dan untuk cocolannya bisa pake coklat cair. Cocolan ini optional seh. Enggak pake juga gak apa-apa. Churros jadi temennya ngeteh juga maknyus.

Yeeeaaaayyy churros sudah selesai. Semoga teman-teman yang cobain recook resep ini juga berhasil seperti saya.

Salam

Vidy
“Mari Berbagi dengan Menulis”

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

2 thoughts on “Nge-churros Time

  1. Walaupun lagi malas di dapur Tapi demi anak, dilakoni juga ya mbak…
    Pasti anaknya Seneng banget dapet churros seperti ini. Lihatnya saja sudah enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *