Belimbing Sang Ikon Kota Bertransformasi dalam Sebuah Kosmetika

Belimbing Sang Ikon Kota Bertransformasi dalam Sebuah Kosmetika

Assalamualaikum,

Masyarakat indonesia tentunya tidak asing dengan buah belimbing. Buah lokal ini biasanya akrab dengan salad buah ala-ala Indonesia, yaitu rujak. Bener gak? Sepanjang yang saya tau, belimbing lebih banyak dimanfaatkan sebatas buah konsumsi biasa.

Sekilas tentang Belimbing kota Depok

Udah pada tahu belum bahwa ketika kota Depok didirikan pada tahun 1999, belimbing dijadikan sebagai ikon kota. Kenapa begitu? Tentunya ada alasannya dong, diantaranya yaitu belimbing hasil pertanaman kota Depok memiliki keunggulan dibandingkan dengan belimbing hasil pertanaman daerah lain, yaitu buahnya yang besar, manis dan tidak cepat busuk. Daerah Depok yang ditanami belimbing pun cukup luas.

Tapi apakah dengan menjadikan belimbing sebagai ikon kota cukup ampuh untuk membuat para petani belimbing terus bertahan menanami lahan mereka dengan pohon-pohon belimbing? Hm…saya sedikit ragu. Di luar sana banyak yang lebih menjanjikan bukan?

Trus, gimana ya supaya petani-petani ini tidak berpindah ke lain hati alias banting stir ke sektor pekerjaan lain?

Tentunya mereka ingin dong hasil panen mereka laris manis dengan harga yang kompetitif.

Apakah cukup hanya sebatas buah konsumsi? Lagi-lagi saya ragu!

Solusinya apa dong untuk para bapak dan ibu tani tercinta ini?

Tentunya mereka butuh konsumen yang pasti, harga yang transparan dan juga sebuah kesinambungan. Masalah klasik para petani di Indonesia. Jadi gak ada lagi istilah rugi karena hasil panen busuk karena tidak laku.

Nah lho, siapa juga yang mau makan belimbing banyak-banyak. Paling banter sebiji dua biji deh per orangnya. Itu pun tidak setiap orang suka belimbing. Belum lagi harus berpacu dengan waktu. Iya, kalo gak cepet dijual bisa-bisa busuk di gudangnya pak tani.

Solusinya?

Harus ada inovasi lain yang membutuhkan belimbing ini sepanjang tahun. Hm..kira-kira apa ya????

Penelitian Berujung Bisnis Start Up.

Penelitian berujung sebuah bisnis start up keren gak seh? Kalo menurut saya seh keren banget. Bagaimana tidak keren, hasil penelitian tidak hanya berhenti pada sebuah jurnal, buku ataupun makalah, akan tetapi hasil penelitian tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas secara berkesinambungan. Eh tapi apa hubungannya dengan belimbing yang saya bahas di atas ya? #Semoga teman-teman pembaca setia enggak bingung ya.

Hm…jadi begini, adalah Universitas Indonesia, salah satu universitas terbaik negeri ini, yang mencoba melakukan inovasi melalui Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis. Direktorat ini bekerja sama dengan laboratorium Farmasi UI, pemerintah kota Depok dan juga pihak swasta, CV Cahaya Multi Mandiri. Bersama mereka melakukan grand launching hilirisasi produk hasil riset pada bulan Oktober 2016.

Dan yang membuat ini terasa lebih keren yaitu penggunaan belimbing, sebagai bahan dasar produk hilirisasi ini. Lebih tepatnya yaitu belimbing khas depok yang biasa disebut dengan belimbing dewa/ dewi ( Averrhoa Carambola L. ). Seperti kita tahu bahwa belimbing adalah buah lokal, buah yang ditanam di tanah kita, Indonesia tercinta. Hm…jadi inget iklan yang gencar di tivi dengan jargonnya:”cintailah produk-produk Indonesia.”

#Eh, kok tiba-tiba udah launching aja, kapan menelitinya ya????

Penelitian dengan menggunakan belimbing hasil pertanaman kota depok sudah dimulai sejak tahun 2012 oleh Dr. Mahdi Jufri M.Si., Apt. Dan hasil riset menunjukan bahwa kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup banyak pada belimbing baik untuk produk-produk kecantikan. Hm..ternyata sudah lama ya belimbing ini diteliti. Jadi, bisa dipastikan dong bahwa hasil produk riset ini bukanlah suatu yang instan. Butuh beberapa tahun sebelum produk diproduksi secara massal.

Bagaimana cara belimbing dewi ini diolah???

Buah belimbing dewi yang segar dikeringkan terlebih dahulu dengan menggunakan metode pengeringan beku (freeze drying). Freeze drying saat ini dianggap sebagai teknik paling baik dalam hal pengeringan karena teknik ini teruji mampu mempertahankan  mutu hasil pengeringan.

Setelah melewati proses freeze drying pada mesin yang disebut dengan freeze dryer, selanjutnya belimbing akan masuk ke mesin evaporator. Setelah melewati proses di evaporator, maka akan dihasilkan ekstrak belimbing kental. Ekstrak belimbing kental ini lah yang kemudian diformulasi dengan bahan-bahan lainnya. Jadilah berbagai macam produk turunan khusus untuk kecantikan seperti serum, night cream, sabun,  shampo dan lain-lain dengan brand Belimbing Island. Belimbing Island ini kemudian dikelola di bawah PT Belimbing Island Indonesia.

Biasanya neh kalo udah behubungan sama produk-produk kecantikan, salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan calon pembeli adalah produk ini aman gak seh? Halal gak seh? Apalagi kalo haga produk lebih ekonomis dibandingkan jenis produk yang sama namun beda merk. Suka timbul kecurigaan gak berdasar deh. Betul gak?

Teman, enggak usah khawatir menggunakan produk kecantikan dari Belimbing Island. Kenapa begitu? Karena tujuh bulan sebelum launching, April 2016, produk Belimbing Island sudah mengantongi surat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) yang isinya tentang pemberitahuan sudah melakukan notifikasi kosmetika  di Badan POM. So, merk Belimbing Island sudah terdaftar resmi. Aman untuk digunakan. Selain Badan POM, produk Belimbing Island juga sudah memiliki surat sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) lho. So, secara administrasi produk-produk ini tidak diragukan lagi keamanannya.

Mau taukan apa aja seh produk keluaran Belimbing Island ini. Secara garis besar produk Belimbing Island ini dibagi tiga yaitu body care, hair care dan skin care.

Body Care. Produk-produk dalam kategori ini adalah produk yang berkaitan dengan perawatan tubuh kita seperti body wash, hand body lotion, pasta gigi levisav, body scrub.

Hair Care. Ada dua jenis produk untuk kesehatan rambut, yaitu shampoo dan conditioner.

Skin Care. Untuk skin care ada macem-macem seperti bar soap belimbing, fresh toner, night cream, facial wash, serum belimbing dan sunscreen.

Kalo soal harga ekonomis dan terjangkau kok. Check it out now!

Naah udah taukan macem-macem produk Belimbing Island. Now, how to get it???? Gampang banget. Kini produk-produk Belimbing Island udah tersedia di:

  • Transmart Depok
  • Azzahra Facial & Totok Wajah
  • Oleh-oleh khas Depon di Jalan Nurul Falah No 8, Depok.
  • Koperasi Fakultas Ekonomi UI
  • Koperasi Fakultas Ilmu Budaya UI
  • Koperasi FMIPA UI
  • MALL WTC Serpong

Aduuuh gak ada waktu neh buat mampir ke gerainya Belimbing Island, hm…gak usah khawatir. Teman bisa kok pesen lewat media daring (online) seperti

Jadi tunggu apalagi teman, yuk cobain produk-produk dari Belimbing Island. Well, menurut saya neh, dengan menggunakan produk kosmetik dari Belimbing Island secara tidak langsung teman ikut membantu petani Belimbing untuk terus semangat menanam belimbing dan enggak berpindah ke lain hati.

Jayalah petani indonesia, jayalah riset anak bangsa, dan jayalah produk Indonesia. Semoga bisa terus menjadi “tuan” di rumah sendiri. Setuju????

Mataram, 21 Februari 2018

Salam

 

Vidy

Sumber data:
http://www.ui.ac.id/berita/ui-luncurkan-produk-kecantikan-belimbing-island.html ; tanggal akses: 20 Februari 2018

http://novindo.co.id/2017/02/02/pengeringan-beku-freeze-drying/ tanggal akses:20 feb 2018

www.belimbingisland.com ;  tanggal akses: 20 Februari 2018

Penggunaan gambar pada artikel ini sudah seizin  PT Belimbing Island Indonesia selaku pemilik hak cipta.

SuKa dengan artikel ini? Yuk, bagikan!

Viedyana

Emak dari tiga bocah kecil, domisili di Mataram, Lombok. Suka jalan-jalan, icip-icip makanan, dan menulis. Ada yang ingin ditanyakan atau bekerjasama untuk review usaha, produk dan lain-lain silahkan kontak vidya.nafsil@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *